Thursday 21 February 2019

Sengon solomon dengan jarak tanam

     Budidaya tanaman tentunya memakai jarak tanam yang sudah di rancang dan rencanakan oleh para petani, hal itu berlaku pada setiap jenis tanaman, yang gunanya untuk memaksimalkan hasil dari tanaman tersebut, selain itu juga mengenai kerapian tata letak tanaman itu berada, sehingga memudahkan petani dalam merawat dan mengawasinya, serta sedap di pandang.

     Termasuk tanaman kayu yaitu sengon solomon, dalam hal ini jarak tanam juga mempengaruhi hasil akhir dari tanaman kayu tersebut.

     Banyak anggapan dari petani kayu khususnya petani kayu albasia, semakin banyak yang kita tanam (rapat) dalam satu area akan semakin banyak banyak pula hasil yang akan di dapat, dan itu salah menurut pendapat kami.

     Jarak tanam yang ideal untuk kayu sengon solomon jaguar f1 ini adalah 3 x 3 (standart) dan umum di pakai, ini sudah berjalan di banyak masyarakat petani pada umumnya. 

     Namun sebenarnya jarak tanam tersebut bisa kita review kembali untuk lebih maximal dalam memanfaatkan lahan tersebut, semisal :
  1. Jarak tanam 3 x 4,
  2. Jarak tanam 4 x 4,
  3. Jarak tanam 4 x 2,
  4. Jarak tanam 5 x 2,
  5. dll. 
     Oleh karena itu jarak tanam sengon solomon jaguar f1 juga berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya tanaman kita.

     Seperti yang kami lakukan, percobaan (demplot) penanaman sengon solomon jaguar f1 dengan metode jarak tanam 5 x 5, dalam artian dalam satu titik tanam kami tanam 4 batang, dengan jarak setiap pohon minimum 60 cm hingga 80 cm, yang bertujuan memberi kesempatan sinar matahari untuk lebih masuk tatkala tanaman sengon tersebut berusia dua tahun lebih nantinya.



     Demplot tanaman di atas merupakan percobaan yang kami lakukan, dengan jarak seperti di atas kita masih bisa memanfaatkan sela-sela tanaman sengon dengan tanaman lain, contoh : jagung, padi gogo genjah, ketela pohon, ketela rambat,  dll. Lumayan.... 

     Untuk perkembangan tanaman sengon solomon jaguar f1 dengan metode jarak tanam 5 x 5 tersebut akan kami tampilkan dari tahun ke tahun sebagai informasi kepada rekan-rekan petani yang bisa terinspirasi dan berkreasi.

     Nurseri sengon solomon jaguar f1 kami beralamatkan di:
Jl. Seriti Gendir, kelurahan Banjarsengon, kecamatan Patrang, kabupaten Jember, Jawatimur.  

Telp:
085649004535 WA, 
081249757424
Email : budysupriyono86@gmail.com


Salam.